Monday, April 1, 2013

Perawatan Pleci Jawara

 
http://pulung73.wordpress.com/2012/10/23/konsisten-merawat-menjadikan-jawara-dilapangan/


Konsisten Merawat Menjadikan Jawara diLapangan

 

BURUNG PLECI
Dalam kenyataanya merawat Pleci bukan lah hal yang sulit, hanya dengan makan dan minum cukup Pleci bisa tahan hidup 11 tahun bisa jadi lebih lama tergantung dari daya tahan dan asupan makanan itu sendiri, namun yang kita harapan bukan lah hidup yang lama melainkan gimana burung itu tetap sehat dan juga selalu berkicau dirumah maupun di Lapangan (Lomba). berikut Tips saya memelihara Burung si kecil nan imut ini. (dakun).
1. untuk setiap harinya Pleci di berimakan buah-buahan yang tiap harinya selalu berubah, seperti Pisang, Pepaya, Timun, Apel, Sawo, Gambas, Blimbing, etc. namun yang jelas tiap hari berubah dan adanya saja, dirumah ada sawo dan pisang, ya sawo dan pisang itusaja yang disilang, tiba-tiba ada pepaya atau buah lainnya kita bisah taruh di hari yang berbeda untuk menu buah tersebut. intinya berubah biar ga monoton.
EF (Extra Food)
untuk EF biasa saya kasih pagi sore UH (Ulat Hongkong) Pagi 2 s/d 4 ekor bigitu juga sore hari sama. untuk EF Kroto saya kasih se adanya dirumah (kl tidak ada ya sudah)
Madu saya berikan max. 1 minggu 2 kali untuk menjaga kesehatan Pleci.
untuk pur saya tidak berikan, karena hampir setiap hari buah selalu ada dan alhasil pur tidak dimakan, timbang sayang sekalian saja tidak saya berikan.
sedangkan air selalu saya ganti tiap harinya, karena cepuk saya kasih yang besar supaya Pleci bisa sekalian mandi disana.
diatas berikut asupan makan dan minumnya sedangkan lokasi penempatan tiap harinya Pleci selalu saya kumpulkan dengan jarang 5 s/d 20 cm tiap sangkatnya di sore hari hingga pagi harinya.setelah pagi selalu saya pisah dari masing-masing sangkaryang ada untuk melihat dan medegarkan Pleci berkicau hingga kurang lebih 30 menit dan kemudian saya kumpulkan kembali menjadi satu dijemur bersamaan, biasanya pleci yang belum mandi akhirnya ikut mandi apabila temannya ada yang mandi pada saat dikumpulkan bareng. dan siang hari ada beberapa yang saya pisah dan ada beberapa yang saya kumpulkan untuk memancing agar dalam satu hari tersebut selalu mendengar kicauan Pleci yang ada di rumah.
Persiapan Pleci ke menuju Lomba,
saya kalau menyiapan biasanya 4 hari sebelum hari H untuk mendongkarak agar pleci bisa mau tampil di lapangan nantinya:
untuk rawatan tidak berubah hanya saja Madu, UH dan Kroto wajib saya berikan selama 3 hari sebelum hari H, sedangkan hari H saya mulain memainkan EF, madu lepas di H-1. apabila main Pagi hari, sore hari sebelum hari H itu tidak saya berikan madu dan Kroto, 1 jam sebelum gantang baru langsung saya kasih Kroto dan UH yang putih 3 s/d 5 ekor, agar ketika main dilapangan Pleci terasa perut sudah tercukupi dengan asupan makanan yang paling dia minati. untuk buah Pepaya yang saya berikan dari sore hari hingga mau menuju ke lapangan.
berikut corat-coret saya untuk perawatan Pleci saya dari yang biasa menjadi luar biasa, amin.
mengenai tangkringan maupun bentuksangkar berikut Tips and Triknya agar, supaya bisa lebih maksimal
Sering Kali kita melihat Gacoan kita saat di trek atau di gandeng dengan Pleci hanya bertingkah loncat2 atau kegelisihan . Hal ini di sebabkan oleh
1. Mental Pleci yan belum siap Mental dilingkungan sekitarnya ..
Mengatasinya …. Biasakan selalu berpindah-pindah gantangan harian ‘alau bisa biasakan untuk di gantang pada tempat yang Ramai….kemudian biasakan di bawa jalan2 ke tempat latberan … Walau tidak di lombahkan …..setelah PC terlihat berani untuk berbunyi di tempat Ramai atau yg baru dan cepat beradaptasi ….. Silakan untuk di coba test latberana.
2.Pleci loncat2 saat di gantang trek atau lomba
Perhatikan baik2 apakah PC loncat2 karena tdk nyaman di kandang atau Pakringannya. Kalau menurut saya biasanya Pleci yang terlalu nakal loncat2 Faktor yang mempengaruhi adalah Keadaan Sangkar yang terlalu luas kemudian jarak pakringan palingg atas terlalu tinggi dengan atap ……solusinya ……. Coba rubah modelpakringan dengan sistim silang …dan carilah Kandang yg bagian atap jangan berbentuk kubahh …..tetapai yang Rata saja ….***
3.Pleci cari-cari makan saat ditrek atau di lomba.
Bagaimana Mengatasinya …..ini sedikit pengalaman saya ,
Biasakan sebelum Pleci di gantang dikondisikan untuk kencang atau di suapi dengan EF yang di sukai …seperti UH , Cacing …sampai PC tersebut benar2 tdk mau menyentuh lagi.
Biasakan Kondisi kandang sebelum di gantang dlam keadaan Bersih ,baik itu alas atau jerujinya …..saya biasanya 2 kelas sebelum gantang ….selalu membersihkan Kandang , alas kandang , dan jeruji kandang dr sisa2 makanan atau Buah yg nempel.
About these ads .http://pulung73.wordpress.com/2012/10/23/konsisten-merawat-menjadikan-jawara-dilapangan/

No comments:

Post a Comment